Fakultas Bisnis
Perspektif pedagogi entrepreneurship di pendidikan tinggi
Hingga Februari 2017, Badan Pusat Statistik mencatat sekitar 131.55 juta dari sekitar 190 juta orang Indonesia dalam usia produktif telah bekerja di berbagai bidang. Namun di saat yang sama, BPS juga mencatat angka pengangguran yang mencapai 7 juta jiwa. Seiring dengan perjalanan waktu, angka-angka itu mengisyaratkan satu hal penting, yaitu persoalan lapangan pekerjaan akan menjadi semakin krusial seiring dengan pertambahan jumlah penduduk Indonesia. Dan, hal tersebut menegaskan posisi wirausaha sebagai salah satu solusi utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru demi meredam peningkatan pengangguran dan sebagai katalis roda ekonomi bangsa.
Melihat pentingnya pemahaman kewirausahaan bagi bangsa ini, maka melalui buku ini penulis menghadirkan pendekatan berbasis kegiatan teori dalam pengajaran kewirausahaan di perguruan tinggi. Apa yang dipaparkan dalam buku ini adalah berbagai hal yang diperlukan untuk merancang strategi belajar mengajar yang mengintegrasikan teori dan kondisi riil di lapangan. Strategi integratif ini menjadi penting untuk menciptakan calon wirausahawan yang bukan hanya matang dalam merencanakan bisnisnya, tapi juga siap mental dalam menghadapi potensi tantangan dan hambatan dalam perjalanannya melaksanakan rencana tersebut. Dan dengan demikian, buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesuksesan mereka yang di kemudian hari berminat terjun sebagai wirausaha.
Di antara tema utama yang didapat dalam naskah ini yaitu:
- Pengantar pengajaran berbasis teori.
- Pendekatan pengajaran kewirausahaan dalam perspektif internasional.
- Penggunaan simulasi dan nilai penting empati dalam pengajaran wirausaha.
- Konsep kewirausahaan.
- Inovasi dan rencana bisnis serta potensi tantangan dan risiko yang dihadapi oleh pewirausaha.
Tidak tersedia versi lain