Skripsi Teknik Informatika
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Binatang Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Pada SDN Wanajaya 04 Cibitung.
Perkembangan dunia teknologi ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Hal ini berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar yang saat ini di SDN Wanajaya 04 Cibitung pada kelas 3 masih menggunakan metode pengajaran media buku panduan, sehingga selama proses belajar siswa dan siswi mengalami kesulitan dalam menghafal nama binatang dan menuliskan urutan huruf dalam Bahasa Inggris untuk membentuk suatu kata dalam menyebutkan nama binatang dalam Bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka perlu dibuat sebuah media dengan harapan akan memudahkan pembelajaran dan penerimaan materi yang dibutuhkan, yaitu pemanfaatan komputer untuk sarana pembelajaran interaktif. Terkait dengan media pembelajaran interaktif yang berupa audio, visual dan grafik. Terdapat beberapa jenis metode pengembangan, diantaranya MDLC. Multimedia Development Life Cycle memiliki tahapan-tahapan yang tersusun secara sistematis yaitu: Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution). Hasil dari penelitian ini adalah berhasil merancang Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Binatang Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Pada SDN Wanajaya 04 Cibitung dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Penelitian ini juga berhasil mensimulasikan kuis yang terdapat pada media pembelajaran interaktif pengenalan binatang dalam Bahasa Inggris yang meningkatkan minat para siswa. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box. Secara fungsional tiap modul atau fitur aplikasi ini telah berfungsi dengan baik. Dengan fitur interface yang dirancang untuk multimedia yang mampu memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar.
Kata Kunci: Multimedia Development Life Cycle, Pembelajaran Interaktif, Pengenalan Binatang Dalam Bahasa Inggris.
Tidak tersedia versi lain