Skripsi Sistem Informasi
Animasi Interaktif Pengenalan Interval Nada Melalui Lagu-Lagu Nasional Pada SDN Pengasinan 8 Bekasi
Di era globalisai ini perkembangan teknologi semakin canggih untuk membantu manusia dalam kehidupannya tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi berkembang pesat pula modernisasi yang ada di Indonesia. Modernisasi bukan hanya menyentuh pada ranah kehidupan bermasyarakat namun pada pembelajaran bagi murid Indonesia. Pembelajaran yang dilakukan di sekolah hanya dilakukan dengan praktek langsung atau konvensional padahal dengan adanya modernisasi dalam pembelajaran seharusnya murid sudah menggunakan alat yang telah modern dalam mempelajari pelajaran. Dalam pembelajaran pengenalan interval nada murid di sekolah menggunakan pianika namun tidak semua murid memiliki alat tersebut. Dalam mempelajari interval nada para murid mempelajari lagu “Mariam Tomong” dan lagu-lagu nasional Indonesia lainnya. Dalam modernisasi ini pula lagu-lagu yang mendominasi di Indonesia bukanlah lagu yang baik untuk diperdengarkan kepada anak-anak melainkan lagu-lagu pop yang mengandung unsur dewasa. Dalam pembelajaran materi lagu nasional banyak peserta didik yang tidak hafal lagu nasional dan tidak mengerti makna dibalik lagu nasional tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan animasi interaktif pengenalan lagu-lagu nasional pada SDN 8 Pengasinan Bekasi yang dalam pembuatannya menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk menarik perhatian peserta didik dalam mengenal dan mempelajari lagu-lagu nasional dengan desain animasi yang menarik
Kata Kunci: Multimedia, Animasi Interaktif, Interval Nada, Lagu-Lagu Nasional, MDLC.
Tidak tersedia versi lain