Skripsi Sistem Informasi
Animasi Interaktif Pembelajaran Perangkat lunak pengolah kata untuk siswa kelas IV pada SDN Bahagia 02 Bekasi
Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi turut mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan, salah satunya media yang digunakan dalam penyampaian materi. Media penyampaian materi pun mengalami perkembangan. sehingga adanya media interaktif pada proses belajar mengajar dapat membantu siswa dalam mempelajari materi-materi di sekolah. Pada studi kasus yang diambil di SDN Bahagia 02 kabupaten Bekasi pada kelas IV materi yang diajarkan dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (T.I.K) yang didalamnya mempelajari perangkat lunak pengolah kata saat ini adalah dengan menggunakan buku pengantar. Terdapat permasalahan yaitu siswa cenderung bosan saat mempelajari materi perangkat lunak pengolah kata yang di sajikan oleh guru dalam penjelasan di papan tulis, Berdasarkan masalah tersebut penulis ingin membuat sebuah animasi interaktif berbasis multimedia untuk membantu kegiatan belajar mengajar tentang perangkat lunak pengolah kata pada pelajaran T.I.K. Metode pengembangan aplikasi yang di gunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Sedangkan tools yang digunakan untuk pengembangan aplikasi adalah Adobe Flash CS6 sebagai pengelolah animasi, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator sebagai pengolah gambar, sedangkan suara menggunakan Audio recorder, dan pengujian dibuat dengan metode whitebox testing dan Blackbox testing untuk menguji fungsionalitas aplikasi. Hasil dari pembuatan Animasi interaktif ini digunakan sebagai alat bantu belajar bagi siswa agar bisa lebih memahami tentang materi perangkat lunak pengolah kata yang terdapat pada buku materi.
Kata Kunci : Animasi Interaktif, Pengolah Kata,MDLC.
Tidak tersedia versi lain