Buku ini merupakan bagian dari kelompok buku-buku riset bidang manajemen perusahaan yang terhubung dalam konsep UMAR
Buku ini berisi wawasan studi kelayakan bisnis jasa, aspek pasar, aspek pemasaran, sampai aspek lingkungan, pedoman praktek, dan contoh pelaporan SKB
Buku ini membahas tuntas perencanaan perusahaan, tipologi strategi, analisi lingkungan bisnis dan analisis perubahan lingkungan.
Buku ini merupakan hasil sintesis dari buku-buku riset bisnis, pengalaman penulis melakukan riset serta membimbing mahasiswa dan merupakan hasil feedback yang penulis terima baik dari para rekan sejawat dosen maupun para pembaca.
Dalam buku ini, Anda akan mengetahui seluk-beluk evaluasi, antara lainkriteria pengukuran, alat-alat, dan contoh penggunaan evaluasi.
Tema-tema yang dibahas dalam buku ini: 1. seluk-beluk akuntansi sebagai obyek riset 2. metode riset, dari sisi teori maupun dari sisi penginplementasiannya 3. data sebagai bahan baku riset 4. alat-alat ukur yang digunakan, seperti alat ukur untuk bidang akuntansi 5. cara mengolah data dan menyajikan informasi dalam bentuk laporan ilmiah.
Buku ini berbicara tentang penjelasan mengenai riset aplikasi akuntansi, antara lain; Riset dan Akuntansi, Perencanaan Riset Akuntansi, Aspek Data, Analisis data menggunakan metode statiska, analisis data menggunakan akuntansi, penjelasan rinci laporan riset akuntansi
Buku ini akan diawali dengan menjelaskan aspek-aspek penting mengenai metode riset untuk aplikasi Komunikasi Organisasi.